Minggu, 31 Agustus 2014

Kurikulum Pendidikan Indonesia dari masa ke masa

     
  Di kalangan pendidik pada bilang bahwa Kurikulum adalah roh nya dalam pelaksanaan Pendidikan di Sekolah atau lembaga perguruan Tinggi.Kurikulum berubah seirama dengan perkembangan dan tuntutan jaman yang amat Dinamis.Maju atau mundurnya kualitas pendidikan di suatu negara ditentukan oleh seberapa besar kualitas kurikulum itu sendiri dan mudah atau tidaknya di implementasikan di lapangan.Sahabat guru di Tanah air.Menurut Tempo online inilah penekanan Kurikulum pendidikan di negeri kita tercinta ,Indonesia.
     Dari catatan Tempo, setidaknya pemerintah telah mengganti kurikulum sebanyak tujuh kali, mulai 1968 sampai 2013. Berikut ini perbedaan yang ditekankan di masing-masing kurikulum tersebut:

Kurikulum 1968
Sifat: perubahan dari program Pancawardhana (Kurikulum 1964) yang menitikberatkan pengembangan moral, kecerdasan, emosional/artistik, keperigelan, dan jasmani.

Sedangkan Kurikulum 1968 menitikberatkan pembinaan jiwa Pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus. Pengganti kurikulum Orde Lama ini lebih menekankan kelompok pembinaan Pancasila.

Pelajaran inti: pelajaran ilmu hayat dam ilmu alam, digabung menjadi ilmu pengetahuan alam (IPA)

Kurikulum 1975
Sifat: berorientasi pada tujuan. Tujuan pendidikan nasional, institusional, kurikuler, instruksional umum, dan instruksional khusus. Perbedaan dengan kurikulum sebelumnya adalah memberikan penilaian pada akhir semester atau akhir tahun saja.

Pelajaran inti: agama, pendidikan moral Pancasila, bahasa Indonesia, ilmu pengetahuan sosial (IPS), matematika, IPA, olahraga dan kesehatan, kesenian, serta keterampilan khusus.

Ciri Kurikulum 1975 adalah dimulainya penjurusan di SMA, yaitu IPA, IPS, dan bahasa.

Kurikulum 1984
Sifat: berorientasi pada tujuan instruksional.

Pelajaran inti: agama, pendidikan moral Pancasila, pendidikan sejarah perjuangan bangsa, bahasa dan kesusasteraan Indonesia, geografi Indonesia, geografi dunia, ekonomi, kimia, fisika, biologi, matematika, bahasa Inggris, kesenian, keterampilan, pendidikan jasmani dan olahraga, serta sejarah dunia dan nasional.

Alasan pergantian kurikulum kali ini adalah memenuhi tuntutan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat. Selain itu, pendekatan berpusat pada anak didik melalui cara belajar siswa aktif (CBSA).

Tujuan pengadaan program studi baru (seperti di SMA) adalah memenuhi kebutuhan perkembangan lapangan kerja. Perubahan penjurusan dengan istilah program A dan B mulai SMA.

Program A: A1 adalah fisika. A2 untuk pelajaran biologi. A3 untuk pelajaran ekonomi. A4 lebih penekanan bahasa dan budaya.

Program B: Lebih menekankan keterampilan kejuruan.

Kurikulum 1994
Sifat: diterapkannya sistem caturwulan dan bersifat populis. Dengan sifat populis, masing-masing daerah dapat mengembangkan pelajarannya sendiri yang disesuaikan dengan lingkungan dan kebutuhan masyarakat. Sedangkan dalam tataran jawaban dari murid, guru memberikan soal yang jawabannya dimungkinkan lebih dari satu jawaban.

Kurikulum 2004
Sifat: sentralis pendidikan. Bersifat sentralis karena kurikulum ini disusun oleh tim pusat.

Kurikulum 2004 lebih dikenal dengan Kurikulum Penguasaan Materi Hasil dan Kompetensi (KBK). KBK tidak mempersoalkan proses belajar, tapi mementingkan peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan.

Jumlah jam pelajaran 32-40 jam per minggu, tapi jumlah mata pelajaran belum bisa dikurangi. Sedangkan Kurikulum 2004 harus mencakup muatan lokal; kegiatan pengembangan diri; pengaturan beban belajar; kenaikan kelas, penjurusan, dan kelulusan; pendidikan kecakapan hidup; serta pendidikan berbasis keunggulan lokal dan global.

Kurikulum 2006
Sifat: desentralisme pendidikan. Pada kurikulum ini, guru daerah dapat mengembangkan kerangka dasar yang disusun oleh tim pusat.

Tujuan utama Kurikulum 2006 adalah agar peserta didik berpusat pada potensi, perkembangan, kebutuhan, serta kepentingan peserta didik dan lingkungannya.

Kurikulum 2013
Sifat: pendidikan berbasis karakter. Kurikulum 2013 mengutamakan pemahaman, keterampilan, dan siswa dituntut memahami materi, aktif berdiskusi dan presentasi, serta memiliki sopan santun disiplin yang tinggi. Dalam Kurikulum 2013 terdapat mata pelajaran wajib dan mata pelajaran pilihan sesuai dengan keinginan peserta didik.

Selasa, 26 Agustus 2014

Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 Untuk Mata Pelajaran IPS SMP Kelas 8

       Sahabat - sahabatku para pendidik di seluruh Tanah air atau dimanapun panjenengan berada.Implementasi Kurikulum 2013 sudah dimulai setahun yang lalu ,yakni Juli 2013 akan tetapi baru beberapa sekolah sebagai pilot project. Namun di tahun 2014 ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginstruksikan agar seluruh satuan Pendidikan dari Sekolah Dasar Hingga SMA melaksanakan kurikulum tersebut. Fakta dilapangan menunjukkan masih banyak guru yang bingung melaksanakannya . Secara Teoritis Kurikulum 2013 memang amat bagus sebab siswa dikembangkan 3 potensi yang dimiliki sekaligus yakni,Pengetahuan ,Ketrampilan dan Sikap.Siswa didorong untuk memecahkan masalah atas materi ajar yang disajikan oleh sang guru. Di sisi lain guru mendapatkan beban tambahan yaitu  harus melakukan penilaian ketrampilan dan sikap di saat Kegiatan Belajar Mengajar sedang berlangsung dengan memanfaatkan Instrumen penilaian yang telah dibuatnya.Akan tetapi yang terjadi.Lagi- lagi para pendidik pun keteteran dalam menerapkan penilaian tersebut .Bagaimana tidak di satu pihak harus melakukan dan mengaweasi Diskusi siswa Tapi di perjalanan harus mengidentifikasi siswa satu persatu.
              Semoga saja Teman- teman guru di Tanah air tetap sabar dan istiqomah melaksanakan kurikulum baru tersebut. Kita Khusnudhon saja bahwa Niat pemerintah adalah baik agar Sumber Daya Manusia Bangsa Indonesia tidak hanya Bagus dalam IQ tapi juga trampil menghadapi sesuatu dan memiliki budi pekerti yang luhur atau akhlakul karimah.
                Nah Bagi Rekan - rekan yang membutuhkan Sylabus ,KKM,PROTA.PROMES DAN RPP kelas 8 bisa di Download dibawah ini