Sabtu, 04 Juni 2011

Menjadi Guru Profesonal


Ketika seorang guru tampil di depan kelas para siswa pada ngobrol sendiri sesama teman sebangkunya ,atau melempar- lempar kertas,bolpin ,ada pula yang membaca novel dan masih banyak lagi tingkah polah siswa - siswa yang lain .Gambaran seperti itu mengindikasikan lemahnya sosok guru dalam pengelolaan kelas .Ini artinya pelajaran yang disajikan sang guru, dimata siswanya dianggap tak lagi menarik .Lemahnya memanage kelas sesungguhnya adalah awal kegagalan guru dalam kegiatan belajar mengajar. ketidak berhasilan dalam KBM adalah bentuk awal tidak tercapainya tujuan pembelajaran . Tentu kondisi seperti ini tidak dikehendaki oleh para guru yang lain agar nawaitu nya dalam mengajar membuahkan hasil sebagaimana yang ia kehendaki .Untuk para pendidik ini ada beberapa resep untuk menjadi guru yang profesional dan di cintai para muridnya .
1 . Tanamkan dalam diri anda sebuah perasaan bahwa mengajar adalah sebagai ladang ibadah . yang kelak dikemudian hari hasilnya akan di panen dengan hasil yang baik. sebab segala sesuatu yang dijalani dengan rasa senang dan penuh ikhlas akan membuahkan keridhoan dari sang Kholig dan pada akhirnya pada saat tampil di depan kelas kesejukan dan kesabaran senantiasa akan terjaga .
2 .Rencanakan Materi Pembelajaran dengan sungguh - sungguh
Sebelum menyajikan sang guru di tuntut memahami sejauh mana tingkat kesulitan materi bahan ajar,mendalami keluasan dan kompleksistasnya sehingga nanti bila diaplikasikan dapat berbanding lurus dengan tingkat kemampuan anak .Mustahil pengajaran akan berhasil tanpa perencanaan yang matang .
3 .Kuasai aneka Metode Pengajaran.
Banyak banget metode pengajaran yang telah di contohkan oleh para ahli pendidikan tinggal kita mau nggak menerapkan methode tersebut .Variasi metode dalam KBM akan membuat siswa tertarik dengan pelajaran kita .mereka akan menganggap sang guru trampil dalam mengajar .
4 .Kuasai Teknologi Informasi
Jangan ada guru masa kini gaptek Teknologi .Pada abat 21 .sebagai abad teknologi menuntutguru pun bisa menguasai .TI kini sebagai alat bantu pengajaran yang baik pula
dengan TI guru akan terbantu saat menjalankan pembelajaran .
dan yang terakhir pandai - pandai lah mengelola KBM dan Kuasai sebaik - bainya materi pelajaran yang akan di ajarkan sebab guru ibarat dalang bila dalang pandai memainkan wayang maka banyak penonton yang terpuaskan begitu pula guru .Apabila guru dalam mengajar banyak murid yang tertarik memperhatikan materi yang di ajarkan ini berarti sang guru telah berhasil dalam pengajaran .
nah .. Rekan - rekan pendidik inilah sedikit resep dari saya . bisa anda terapkan , bila tidak setuju dengan tulisan ini bisa beri koment kok ...
semoga kita bisa menjadi guru yang baik ,dan dinantikan selalu kehadirannnya di depan kelas oleh para siswa dan anak - anak tersenyum bahagia saat kita masuk kelas dan menyapanya .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar