Rabu, 13 Oktober 2010

Kriteria Kentutasan Minimal KL 8

      PEMETAAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )














Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial



Kelas/ Semester : VIII / I ( gasal )





Tahun Pelajaran : 2010 / 2011














No Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Kriteria KKM  
Komp DaDuk Intak Indikator KD SK Sem. 1











1 1.   Memahami permasalahan sosial berkaitan dengan  pertumbuhan jumlah penduduk 1.1 Mendeskripsikan kondisi fisik wilayah dan penduduk Mampu menunjukkan letak geografis (posisi geografis, letak geografis) Indonesia. 83 80 75 79 78 78 78
Mampu menganalisis hubungan posisi geografis dengan perubahan musim di Indonesia. 80 80 75 78
Mampumengidentifikasi penyebab terjadinya perubahan musim dan menentukan bulan berlangsungnya musim hujan dan musim kemarau di wilayah Indoonesia. 75 80 75 77
Mampu menyajikan informasi persebaran flora dan fauna  tipe Asia, tipe Australia  serta kaitannya dengan pembagian wilayah Wallacea dan Weber. 83 80 75 79
Mampu mendeskripsikan persebaran jenis tanah dan pemanfaatannya di Indonesia 80 76 75 77
1.2 Mengidentifikasi permasalahan kependudukan dan upaya penanggulangannya Mampu mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan penduduk(kelahiran dan kematian) 80 80 75 78 78
Mampu mendiskripsikan  arti dan ukuran angka kelahiran dan angka kematian. 78 80 75 78
Mampu mengidentifikasi factor-faktor pendorong dan penghambat kelahiran dan kematian. 80 80 75 78
Mampu membandingkan tingkat kepadatan penduduk tiap-tiap propinsi dan Pulau di Indonesia. 80 80 75 78
Mampu mendiskripsikan kondisi penduduk Indonesia berdasarkan Piramida penduduk. 78 80 75 78
Mampu menghitung angka perbandingan laki-laki dan perempuan (sex ratio) dan beban ketergantungan serta mengartikan angka tersebut. 73 76 75 75
Mengartikan angka usia harapan hidup. 80 80 75 78
Mampu mendiskripsikan berbagai dampak ledakan penduduk dan upaya mengatasinya. 78 80 75 78
Mampu menyajikan informasi kependudukan dalam bentuk peta,tebel dan grafik. 74 80 75 76
Mampu mengidentifikasi jenis-jenis Migrasi dan factor penyebabnya. 80 80 75 78
Mampu menganalisis dampak positif dan negative  migrasi serta penangulangannya. 80 80 75 78
1.3   Mendes-kripsikan perma-salahan lingkungan hidup dan upaya penanggulangannya dalam pemba-ngunan berkelanjutan. Mampu mengidentifikasi unsur-unsur ling kungan (unsur abiotik, unsur biotik, sosial budaya. 78 80 75 78 78
Mampu menafsirkan arti penting lingkungan bagi kehidupan. 80 80 75 78
Mampu mengidentifikasi bentuk-bentuk kerusakan lingkungan hidup dan faktor penyebabnya. 80 80 75 78
Mampu memberi contoh usaha pelestarian lingkungan hidup. 80 80 75 78
Mampu menafsirkan hakekat pembangunan berkelanjutan. 80 80 75 78
Mampu mengidentifikasi ciri-ciri pembangunan berkelanjutan. 80 80 75 78
Mampu mengidentifikasi penerapan pembangunan berkelanjutan. 80 80 75 78
1.4 Mendes-kripsikan permasa-lahan kependu-dukan dan dampak-nya terha-dap pem-bangunan Mampu menjelaskan permasalahan penduduk (kuantitas dan kualitas).  78 80 75 78 77
Mengidentifikasi dampak permasalahan penduduk terhadap pembangunan 80 76 75 77
2 2. Memahami Proses Kebangkitan Nasiopnal 2.1 Menjelas-kan proses perkem-bangan kolonialisme dan imperia lisme Barat, serta pengaruh yang ditimbul-kannya di berbagai daerah. Mampu mengidentifikasi  kebijakan-kebijakan pemerintah kolonial. 80 80 75 78 77 77
Mengidentifikasi pengaruh yang ditimbulkan oleh kebijakan–kebijakan pemerintah kolonial di berbagai daerah 78 78 75 77
Mendeskripsikan bentuk-bentuk perlawanan rakyat dalam menentang kolonialisme Barat di berbagai daerah. 76 76 75 76
2.2Mengurai-kan proses terbentuk-nya kesa-daran nasional, identitas Indonesia, dan perkem-ba ngan pergerakan kebangsaan Indonesia. Menjelaskan pengaruh perluasan kekuasaan kolonial, perkembangan pendidikan Barat, dan perkembangan pendidikan islam terhadap munculnya nasionalisme Indonesia. 78 76 75 76 77
Mendeskripsikan peranan golongan terpelajar, profesional, dan pers dalam menumbuh kembangkan kesadaran  nasional  Indonesia. 80 78 75 78
Mendeskripsikan perkembangan  pergerakan nasional dari yang bersifat etnik, kedaerahan, keagamaan sampai terbentuknya nasionalisme Indonesia. 80 78 75 78
Mendeskripsikan peran manifesto politik 1925, Konggres Pemuda 1928, dan Konggres Perempuan Pertama dalam proses pembentukan identitas kebangsaan Indonesia 76 76 75 76
3 3. Memahami masalah penyimpangan sosial 3.1. Mengiden-tifikasi berbagai penyakit sosial (miras, judi, narkoba, HIV/Aids, PSK, dan sebagainya) sebagai akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Mengidentifikasi penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. 83 80 75 79 79 78
Mengidentifikasi bentuk-bentuk penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. 82 80 75 79
Memberi contoh penyimpangan sosial yang terjadi dalam keluarga dan masyarakat. 80 80 75 78
3.2 Mengiden-tifikasi berbagai usaha pencegahan penyim-pangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Mengidentifikasi akibat penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. 80 76 75 77 78
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab terjadinya penyimpangan sosial, 80 79 75 78
Mengidentifikasi  upaya-upaya pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat. 80 80 75 78
4 4. Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat 4.1.Mendes-kripsikan hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas. Mendeskripsikan  arti   kelangkaan dan  faktor-faktor penyebab terjadinya kelangkaan. 80 80 75 78 78 78
Mengidentifikasi usaha-usaha manusia dalam mengatasi kelang kaan memanfaatkan sumber daya yang langka untuk berbagai alternatif dalam me menuhi kebutuhan. 80 76 75 77
Mengidentifikasi arti dan jenis kebutuhan. 80 80 75 78
Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kebutuhan manusia beraneka ragam. 80 78 75 78
Menjelaskan pengertian skala prioritas dan menyusun skala prioritas kebutuhan manusia pada umumnya. 76 79 75 77
Mengidentifikas arti dan macam-macam  alat pemenuhan kebutuhan. 83 80 75 79
4.2Mendiskripsikan pelaku ekonomi: rumah tangga, perusahaan, koperasi dan negara Menggolongkan pelaku ekonomi utama dalam perekonomian Indonesia. 82 80 75 79 78
Mengidentifikasi peranan dan tujuan keberadaan 3 sektor usaha formal (BUMN, BUMS dan Koperasi).  80 79 75 78
Mengidentifikasi pokok-pokok perkoperasian diIndonesia (pengertian, landasaan, azas, sejarah, keanggotaannya, sumber modal, prinsip-prinsip) 80 77 75 77
Mengidentifikasi tentang cara pendirian, tujuan, peranan, ciri-ciri, manfaat, RAT, cara pemba-gian SHU,pembubaran dan jenis-jenis usaha koperasi.  76 76 75 76
4.3 Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi masyarakat Indonesia Menjelaskan pengertian, fungsi, dan peranan pasar  bagi masyarakat. 80 80 75 78 78
Mengidentifikasi  syarat-syarat terjadinya pasar. 80 80 75 78
Mengklasifikasi macam-macam pasar beserta contohnya masing-masing.  80 80 75 78
Mengidentifikasi ciri -ciri pasar konkrit dan pasar abstrak serta menyebutkan contoh-contohnya  80 80 75 78
Observasi pasar khususnya tentang  kegiatan jual beli di suatu pasar. 76 78 75 76
AKHIR SEMESTER 78













Mengetahui
Delanggu,  12 Juli  2010



Kepala Sekolah
Guru IPS Kelas VIII


Tidak ada komentar:

Posting Komentar