Senin, 28 November 2011

Fakta tentang negeri kita Indonesia dan beberapa fakta tentang SDM nya

Pada hari Sabtu tanggal 26 November 2011  lalu penulis mengikuti  Diskusi Panel Nasional yang mengangkat thema Pendidikan karakter bangsa dan Implementasi di komplek candi Prambanan .Acara ini diselenggarakan oleh dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten klaten .Menarik memang karena event ini dihadiri beberapa tokoh Nasional seperti wakil ketua DPR RI Yaitu Priyo Budi Santosa.ketua kwarnas gerakan Pramuka dan masih banyak lagi yang lainnya.Akan tetapi sungguh terhenyak sekaligus sedih setelah mendapat paparan beberapa fakta tentang Indonesia yakni :
a. Indonesia merupakan salah satu negara yang tingkat korupsinya terbesar bersama negara Kenya ,menu rut Transparancy Internasional ada pada peringkat 6 Dunia .
b. Pendapatan perkapita Indonesia hanya  kurang lebih 1000 dolar US jauh dari negeri tetangga Malaysia    3400 US doar  apalagi Brunei 20.000 US dolar .
c . Menurut BPS  penduduk miskin negeri ini berjumlah 62 juta jiwa / 28, 44 %
     Jumlah pengangguran terbuka 11, 6 juta atau 10,84 % ,pengangguran sarjana lebuh dari 300.000
d . Pada tahun 2003 total hutang Luar negeri Rp 2.030 triliun ( menurut Revrisond Baswir ) dan masih banyak lagi cerita - cerita yang tak mengenakkan tentang negeri zamrud di atas katulistiwa ini . Lalu pertanyaannnya adalah akankah kita tinggal diam , berpangku tangan dan pasrah dengan nasib ? tentu tidak segenap anak negeri harus bersama - sama mencari solusi agar Indonesia tidak semakin terpuruk,dan tidak berwibawa di dunia . Untuk bisa membalik keadaan agar kondisi bangsa ini menuju lebih baik maka revolusi budaya harus segera dilakukan .dalam arti segenap anak bangsa harus merubah SDM nya sebab beberapa Fakta tentang Sumber Daya Manusia adalah berikut ini :
1 . Rapuh dalam pengetahuan dan teknologi
2 . Rendah Kreativitas
3 . Kurang Disiplin
4 . Cenderung tidak efisien
5 . Kurang gigih dan tidak konsisten
6 . Tidak dapat menghargai waktu
7 . Tidak dapat menghargai orang lain
8 . Lemah dalam semangat Team
9 . Kurang tanggung jawab dan kredibel
    ke sembilan item tersebut memang tak terbantahkan alias banyak benarnya .Coba pembaca amati polah tingkah pemimpin - pemimpin kita yang tidak bisa dijadikan tauladan . perilaku warga yang mudah marah dan tidak ramah . Orang pandai jujur tidak mendapatkan tempat sesuiai proporsinya .dan masih banyak lagi keburukan perilaku yang secara nyata bisa kita jumpai tiap hari .
Melaui tulisa ini saya hanya bisa berharap mudah - mudahan pendidikan karakter yang sedang digencarkan oleh pemerintah ,yakni kementerian pendidikan dan kebudayaan bisa membalik keadaan Indonesia bisa menjadi lebih baik ,sehingga cita - cita dalam Undang - Undang Dasar `1945  yaitu negeri Yang Adil dan makmur cepat terwujud . Untuk segenap warga negara Indonesia mari kita bantu bangsa ini . mari kita obati bangsa yang lagi sakit ini biar anak cucu kita kelak bisa tersenyum bahagia melihat besarnya Negeri Indonesia .negeri yang subur makmur gemah ripah loh Jinawi , Toto TitiTentrem ,  Kerto Raharjo dan diperhitungkan dalam panggung percaturan politik Dunia.














Tidak ada komentar:

Posting Komentar