Jumat, 15 Juli 2011

Cara mudah mempertahankan daya ingat otak kita


 Kehidupan ini seperti roda yang berputar .kadang di atas dan terkadang pula di bawah .Manusia lahir di muka bumi senantiasa mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan . Secara jasmaniah, fisik mengalami pertumbuhan .demikian halnya jiwa  sama juga  seperti itu  . Setelah seorang tumbuh dewasa akan terlihat perbedaan fisik maupun intelektualitasnya . Orang ada yang pandai ada pula yang kurang cakap . Kepandaian seseorang biasanya diukur dari tingkat kecerdasan  otak .Tahukah kamu sesungguhnya otak kita pun lambat laun ,pelan tapi pasti mengalami proses penuaan . Proses tersebut ditandai dengan penurunan daya ingat . Masa kecil ia cerdas tapi setelah tua ia pikun artinya kinerja otak tidak sebagus  dahulu sewaktu kita masih muda . Namun demikian daya ingat otak seseorang dapat dijaga agar tetap smart dan bagus .Bila anda ingin  Mempertahankan daya ingat otak kita inilah resepnya .

1. Berolahraga secara teratur


“Ini adalah aktivitas yang paling efektif untuk membuat kinerja otak tetap tajam,” ucap Molly Wagster, PhD., kepala division National Institute on Aging. Dan Wasgter menyarankan agar kita memilih olahraga aerobik. Sebab penelitian membuktikan, orang lanjut usia yang melakukan olahraga level moderat, seperti olahraga jalan sebanyak 5 kali dalam seminggu, berhasil menekan munculnya gejala pikun setelah rutin berolahraga selama 6 bulan.
Sampai saat ini memang para peneliti belum mengerti secara pasti bagaimana olahraga bisa menekan kemunduran kerja otak. Hal yang dilihat para peneliti adalah, olahraga sangat efektif menekan produksi hormone stres di dalam otak yang memengaruhi keseluruhan fungsi tubuh. Plus, olahraga juga membuat kita tidur lebih lelap, sehingga kemampuan otak untuk memperbaiki sel-sel rusak dari aliran darah yang optimal selama tidur dapat terjadi sempurna.

 2 . Beri tubuh kualitas tidur yang baik


Tahu apa yang akan dinikmati otak saat kita tidur 8 jam dengan kualitas yang baik? Kerja kognitif dan daya ingat otak akan semakin optimal. Sebab tidur akan membuat tubuh menekan produksi hormon stres sehingga seluruh tubuh akan merasa rileks. “Bahkan ada bagian otak yang justru aktif bekerja saat kita tertidur,” ucap P.Murali Doraiswamy, MD., kepala psikiatri biologis dari Duke University Medical Center dan penulis bukuthe Alzheimer’s Action Plan.
Tapi jangan lantas mengandalkan obat tidur demi membuat otak menikmati semua manfaat itu. Sebab obat tidur justru bisa memberikan efek samping terhadap otak, karena itu perlu konsultasi dengan dokter untuk mengonsumsinya.
Ayo mulai beri perhatian pada otak, lindungi mulai dari sekarang.

3. Beri ‘tantangan’ mental bagi otak


Randolph Schiffer, MD., direktur Cleveland Clinic Lou Ruvo Center for Brain Health, menjelaskan, sama seperti otot, otak yang dilatih secara rutin akan semakin membentuk tingkat ketajaman memori. Latihan seperti apa yang diperlukan otak? Cukup menyenangkan karena sebenarnya yang kita lakukan adalah bermain, yaitu bermain Sudoku, catur, atau mengisi teka-teki silang.

4 . Nikmati warna-warni buah dan sayuran


Para ahli menyarankan kepada orang-orang yang mengalami tingkat stres untuk mengonsumsi buah dan sayuran. Tak sekadar buah dan sayuran dari 1 jenis saja, tapi harus bervariasi. Sebab variasi inilah yang akan membuat otak mendapatkan berbagai jenis antioksidan yang dapat menyelamatkan kita dari serangan radikal bebas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar