Senin, 11 Juli 2011

Mengenal lebih dalam MOS ( Masa Orientasi Siswa )


   Pada tanggal 11 Juli 2011 diberbagai daerah di tanah air merupakan hari pertama masuk sekolah alias /hari di suasana Tahun ajaran baru 2011 / 2012 . Beraneka ragam wajah  wajah yang kena imbas dari tahun  ajaran baru itu . Bagi pelajar hari pertama masuk sekolah merupakan hari yang membahagiakan sebab bisa kembali berkumpul dengan  sesama teman setelah sekian lama berpisah . kebahagiaaan itu terasa lengkap sebab mereka tahun ini berada di kelas yang levelnya lebih tinggi dari kemaren . Dan yang tak kalah lucunya  hari - hari pertaama masuk sekolah bagi siswa baru adalah hari yang menyenangkan sekaligus bikin stress .Para pelajar amat gembira karena temannya bertambah banyak .sekolahnya hebat dan lain - lain  lingkungan yang baru menuntut pelajar yang menyandang status siswa baru itu juga harus secepatnya menyesuaikan dengan almamaternya .  .Kesibukan murid baru yang padat  yang padat ternyata juga berdampak kepada orang tua . Si Bapak atau ibu sementara memiliki tugas tambahan yaitu mengantarkan si buah hati ke sekolah saben harinya . Maklum mereka masih malu .minder atau belum pede .jadi yagh ortu mau tidak mau campur taangan . 

    hari - hari pertama masuk sekolah biasanya lembaga pendidikan itu mangadakan kegiatan yang  namanya Masa Orientasi siswa  ( MOS ) Banyak sekali jadwal kegiatannya dan amat bervasiasi misal latihan kepemimpinan , Wawasan wiyata Mandala ,Budi pekerti dan masih banyak lagi yang lainnya . itu semua disajikan kepada peserta didik dengan harapan dapat memiliki karakter yang tangguh  nantinya . Sementara itu sebagai orang tua tidak ada salahnya mengenal lebih jauh tentang MOS  itu sendiri

  Dalam diri seorang anak, pada dasarnya bekal iman , ilmu dan amal  secara terencana atau pun tidak- telah tertanam sejak dini melalui didikan dalam keluarganya. Ketika anak memasuki usia sekolah, lembaga pendidikan formal turut serta menjalankan peran menumbuhkembang-kan bekal tersebut hingga tertanam kokoh dalam diri anak didiknya.


Di sekolah , peran tersebut tidak hanya dilakukan dalam proses belajar mengajar secara formal di kelas, tetapi terimple-mentasikan dalam seluruh kegiatan dan aktivitas siswa selama ia berada di lingkungan sekolah. Salah satunya adalah kegiatan Masa Orientasi Siswa (MOS) yang merupakan sebuah agenda rutin sekolah di awal tahun pelajaran. Kegiatan ini merupakan bagian dari budaya sekolah yang tetap eksis sampai saat ini .


Bagi diri setiap anak, memasuki jenjang pendidikan formal yang baru merupakan sebuah masa ketika ia harus berhadapan dengan lingkungan dan dunia yang baru. Untuk itu, mereka memerlukan tahap peninjauan, pengenalan, dan adaptasi terhadap lingkungan baru yang mereka masuki. Tahap itulah yang akan mereka lalui dalam kegiatan MOS 2011. Dalam kegiatan MOS, hal terpenting yang harus diberikan kepada siswa baru adalah pengenalan budaya sekolah atau school culture yang merupakan pencitraan dari sekolah dan telah menjadi karakter sekolah itu sehingga menjadi terkenal. Para siswa baru perlu diperkenalkan hal seperti ini agar mereka tahu bahwa sekolahnya adalah sekolah yang the best of the best. Perlu perjuangan untuk mencapainya.


Layaknya memasuki dunia baru, tentu ada perasaan asing dalam diri mereka terhadap lingkungan teranyarnya. Di sinilah pentingnya sebuah proses pengenalan, pembelajaran, dan pemahaman segala macam yang melekat pada lingkungan baru mereka. Semua proses kegiatan itulah yang terangkum dalam kegiatan MOS  Karena sudah tradisi, sebagai siswa baru, tentu bagi yang putra rambutnya harus dicukur pendek dulu, dan putrinya diberi pita dan dikuncir dua agar terlihat lucu dan imut-imut. Tak ada pemaksaan, karena semua dilaksanakan dengan senang hati dan telah disosialisasikan dengan para orang tua siswa. Termasuk pembuatan name tag atau papan nama untuk identitas peserta MOS yang setiap tahun memiliki kreativitasnya sendiri sesuai dengan kepengurusan OSIS yang menjadi panitianya.


Dalam kegiatan MOS tentu ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MOS itu adalah :
Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan belajar mengajar secara formal di kelas.

Untuk mencapai tujuan di atas, diperlukan sebuah kegiatan MOS yang kreatif. Kemampuan setiap anak dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya memang berbeda-beda. Untuk itu perlu ada suatu panduan kegiatan dan bimbingan yang cukup terarah dari para guru dan kakak kelas kepada siswa baru yang dapat membantu mereka beradaptasi dengan baik dan secepat mungkin di lingkungan baru. MOS bisa menjadi media untuk beradaptasi dengan lingkungan belajar yang baru. Diharapkan dari berbagai aktivitas yang diberikan selama MOS akan dapat mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimiliki siswa, mengenalkan budaya sekolah, dan saling berinteraksi dengan teman-teman baru. Potensi kreatif siswa pun akan muncul melalui kegiatan pentas seni yang memberikan kesempatan kepada siswa baru untuk unjuk gigi memperlihatkan kebolehannya masing-masing.

Materi-materi yang diberikan pada kegiatan MOS selama tiga hari itu adalah :
Pengenalan Sekolah, Misi dan Visi Labschool
Pengenalan Tata Tertib Sekolah
Pengenalan lingkungan dan fasilitas yang ada di sekolah
Wawasan wiyata mandala
Cara belajar Efektif
Kebijakan Umum sekolah, baik Kegatan Akademik mapun Kesiswaan
Pelayanan Bimbingan dan konseling
Achievement Motivation Training (AMT)
Upacara pagi di lingkungan sekitar sekolah
Pengenalan Perpustakaan 
School Culture
Pengenalan majalah sekolah
Pengenalan Organisasi (OSIS) oleh Pengurus OSIS
Pengenalan dan latihan PBB
Pengenalan Ekstra kurikuler
Bulying dan dampaknya bagi perkembangan mental Siswa
Unjuk Gigi siswa baru melalui kegiatan Pentas Seni.

Tema kegiatan MOS sey ogyanya SEKOLAH RAMAH LINGKUNGAN (ECO FRIENDLY SCHOOL), dimana  lingkungan sekolah dipenuhi oleh berbagai macam tumbuhan hidup yang serba hijau dan enak dipandang mata. Lingkungan yang bersih dan alami. Suasana manusia yang penuh dengan kerahamah-tamahan terhadap lingkungannya. Aman dan nyaman. Segar dan alami, sehingga setiap jiwa yang berada di sekolah itu merasa enjoy menikmati suasana itu. Ketika sebuah sekolah terasa aman dan nyaman, maka akan diperoleh suasana pembelajaran yang menyenangkan. Ketika suasana telah menyenangkan, maka segudang prestasi akan muncul. Prestasi akan mencuat ke permukaan ketika para siswa telah mengenal budaya sekolahnya. Oleh karena itu para guru dan stage holder yang ada di dalam sekolah jangan lupa untuk mengenalkan budaya sekolah yang unik, dan hampir setiap sekolah tidak sama. Marilah kita mengenalkannya melalui MOS yang rutin tiap tahun kita laksanakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar